Selasa, 10 Mei 2011

pengertian dan contoh hosting

Sering kita mendengar istilah hosting, domain apalagi bagi para blogger yang sudah terbiasa.  Klo domain diibaratkan nama untuk memanggil dile-dile kita, sedangkan hosting adalah temapt dimana file kita berada. Klo sudah punya domain tinggal mencari hostingnya, ada yang free ada pula yang berbayar. Beberapa webs besar seperti google dengan blogspotnya, wordpress.com, multiply, dll menyediakan layanan blog dengan domain dan hosting sekaligus secara gratis.
Kemarin kita membahas masalah pengertian domain, sekarang saatnya lanjut ke hosting. Hosting atau biasa disebut sebagai web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) website agar halaman website tersebut dapat diakseskapan pun dan dmanapun Anda berada.  Data web tersebut meliputi file – file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web. Hosting berada pada sebuah atau beberapa komputer yang secara terus menerus terhubung dengan internet atau lebih dikenal web server.
Lokasi server disebut sebagai Data Center. Seiring dengan perkembangan teknologi website, maka fungsi dan fitur sebuah server pun ikut berkembang. Jika dahulu hanya sekedar menampilkan atau menyimpan data informasi statis, kini dengan adanya perkembangan website dinamis, maka fitur server semakin beragam.
Bila ditinjau dari kapasitas dan dayanya maka kita mengenal istilah shared host, konsep nya adalah membagi server menjadi beberapa untuk ditempati. Server yang dimaksud adalah sebuah mesin yang terhubung dengan koneksi internet berkecepatan tinggi yang mampu memberikan dan membagi jalur komunikasi data (upstream & downstream) untuk setiap klien shared host.
Web Hosting
Disadur dari wikipedia:
Jenis layanan hosting diinternet saat ini:
Shared Hosting adalah sebuah layanan hosting yang dipergunakan oleh beberapa pengguna yang lain dan satu hosting ini dipergunakan oleh berbagai macam nama domain yang berbeda.
VPS adalah Virtual Private Server atau server virtual. Server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka didalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan dengan fungsi masing masing.
Dedicated Server adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Server server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa.
Klo berdasarkan uraian tersebut, maka hosting yang saya gunakan di manginfera.com termasuk shared host. Sedangkan VPS digunakan untuk trading forex, membuat VPN, reseller hosting. Klo Dedicated server bisa digunakan untuk apapun.

0 komentar:

Posting Komentar